BUDAYA ORGANISASI


BUDAYA ORGANISASI adalah suatu persepsi bersama yg dianut oleh anggota-anggota organisasi

7 KARAKTERISTIK HAKEKAT BUDAYA ORGANISASI:

1.       Inovasi dan pengambilan resiko

2.       Perhatian kerincian

3.       Orientasi hasil

4.       Orientasi orang

5.       Orientasi tim

6.       Keagresifan anggota

7.       Pemantapan untuk mempertahan status quo ( sudah turun temurun tidak bisa diubah

TIPE-TIPE BUDAYA ORGANISI:

1.       AKADEMIK (organisasi berfokus pada pendidikan orang)

2.       KELAB menurut Sonnenfeld: prinsip senioritas, menaruh nilai tinggi pada kecocokan dalam system, kesetiaan dan pada komitmen

3.       TIM BISBOL: oraganisasi berpedoman pada orientasi wiraswasta bg para pengambil resiko dan innovator

4.       BENTENG: Organisasi yg hanya ingin bertahan dan tidak mau mengambil resiko

FUNGSI BUDAYA ORGANISASI:

1.       Menetapkan tapal batas

2.       Sebagai identitas bagi anggota-anggota organisasi

3.       Mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yg lebih luas dari pada kepentingan diri individu

4.       Meningkatkan kemantapan system social

5.       Sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yg memandu dan membentuk sikap dan perilaku karyawan

About sumadi
share ilmu bahan untuk mengerjakan tugas kuliah, bagus kan,.. tapi jangan lupa meningkatkan kualitas diri ya,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: